Arti Warna Gambar Vektor (vector)


Sebelum memulai mewarnai gambar vector, tidak ada salahnya mengenal arti warna. Apabila suatu saat ingin membuat gambar vector mempunyai pesan atau konsep yang ingin disampaikan dalam gambar vector itu, mengenal arti dari warna sangatlah penting.



Secara tidak sengaja ketemu catatan waktu kuliah nirmana dulu, dari pada disimpan- simpan lebih baik di share aja. Inilah isi rangkuman dari catatan saya itu, walaupun hanya sebagian.

1. Warna Merah

Dari semua warna, warna merah adalah warna terkuat dan paling menarik perhatian, bersifat agresif lambang primitif. Warna merah diasosiasikan sebagai darah, marah, berani, seks, bahaya, kekuatan, kejantanan, cinta, kebahagiaan.

2. Warna Merah Keunguan

Warna merah keunguan mempunyai karekteristik mulia, agung, kaya, bangga (sombong) mengesankan.

3. Warna Ungu

Karekteristik warna ungu adalah sejuk, negatif, mundur, hampir sama dengan biru, tetapi lebih tenggelam dan khidmat, mempunyai karakter murung dan menyerah. Warna ini melambangkan duka cita,suci, lambang agama.

4. Warna Biru

Warna biru karakteristiknya sejuk, pasif, tenang, damai. Biru merupakan warna perspektif, dingin, membuat jarak, terpisah. Biru melambangkan kesucian, harapan, dan kedamaian.

5. Warna Hijau

Warna hijau mempunyai karakter yang hampir sama dengan warna biru. Dibanding warna lain, warna hijau relatif netral. Hampir mendekati pasif, lebih bersifat istirahat. Dalam penggunaan biasanya warna hijau mengungkapkan kesegaran, mentah, muda,belum dewasa, pertumbuhan, harapan, dan kesuburan.

6. Warna Kuning

Warna kuning adalah kumpulan dua fenomena penting dalam kehidupan manusia, yaitu kehidupan yang diterangi cahaya matahari di angkasa dan emas sebagai kekayaan bumi. Kuning warna cerah, dilambangkan sebagai kesenangan dan kelincahan. Kuning lambang intelektual, kuning adalah warna paling terang setelah putih, tetapi tidak semurni putih. Makna dari warna kuning adalah kemuliaan cinta serta pengertian yang mendalam dalam hubungan manusia.

7. Warna Putih

Warna putih memiliki karakter positif, cemerlang, ringan, sederhana. Putih melambangkan kesucian, polos, jujur, murni.Warna putih mengimajinasikan kebalikan dari warna hitam.

8. Warna Kelabu

Bermacam-macam  warna kelabu dengan berbagai tingkat melambangkan ketenangan, sopan, sederhana. Karena itu sering melambangkan orang yang telah berumur, dengan kepasifannya, sabar dan rendah hati. Kelabu juga melambangkan intelegensi, tetapi juga mempunyai lambang negatif yaitu keragu-raguan.

9. Warna Hitam

Warna hitam melambangkan kegelapan, ketidak hadiran cahaya. Hitam melambangkan kekuatan gelap, lambang misteri, warna malam, selalu diindikasikan dengan kebalikan dari sifat warna putih atau berlawanan dengan cahaya terang. Sering juga dilambangkan dengan warna kehancuran atau kekeliruan. Umumnya warna hitam diasosiasikan dengan sifat negatif.

Itulah sebagian arti warna, semoga bermanfaat dalam gambar vektor. alfred tezar




4 Responses to "Arti Warna Gambar Vektor (vector)"

  1. tanya ciek da.
    kategori tema gambar apa aja yang masuk karakter warna ini?

    ReplyDelete
  2. terserah untuk aplikasikan ke gambar apapun juga bisa.....jika ingin menyampaikan sebuah pesan dalam gambar dalam atau bermain konsep, yang ditekankan ke warna

    ReplyDelete
  3. tanya dunk bro...
    klw mau bikin vector yang gampang itu make software apaan yang bgus nya ??. yg mudah gthu...

    ReplyDelete
  4. sofware hanya alat bro......., yang ngerjain tetap manusia juga, kalau pengen gampang hanya satu satu jalan....yaitu....terus berlatih, apapun sofwerenya, kalau dilatih terus akan jadi gampang, begitupun sebaliknya....sofwerenya bagus, kalau tidak dilatih jadi sulit juga

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar, Link aktif Pada Komentar Otomatis Off